Tips Menulis Contoh Surat Lamaran Kerja

Bagi kamu yang fresh graduate dan sama sekali belum pernah bekerja, tentunya perlu mempelajari bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, agar nanti saat kamu melamar pekerjaan yang kamu inginkan,kesempatan diterimanya akan lebih besar. Bagi kamu yang mau cari pengalaman baru ditempat lainpun perlu update contoh surat lamaran kerja yang terbaru dan sesuai dengan pekerjaan yang lowongannya akan kamu isi nanti.

Menulis surat lamaran itu mudah kalau sudah tahu ketentuannya. Gunakan bahasa yang baku, tidak bertele-tele, singkat dan juga jelas. Karena surat lamaran kerja yang bertele-tele hanya akan membuat bagian HRD malas membacanya dan akhirnya surat yang kamu buat dengan susah payah hanya akan dibuang sebelum dibaca. Jadi, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang bagus? Berikut beberapa tipsnya:

1. Posisi tempat tanggal penulisan dan juga nama perusahaan haruslah disebelah kiri atas.
2. Dalam salam hormat dan kata pengantarnya, pakailah bahasa yang baku.
3. Pada bagian biodata pribadi sebaiknya tuliskan alamat dan kontak yang terbaru agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi anda.
4. Di bagian penjelasan tentang pengalaman kerja dan skill, bila ada sebaiknya cantumkan posisi terakhir yang anda pegang, akan lebih bagus jika posisi terakhir itu ada hubungannya dengan jabatan yang ingin anda lamar.
5. Sertakan lampiran sebagai bukti pendukung untuk pengalaman dan skill yang sudah anda sebutkan diatas.

Bagi anda yang belum punya pengalaman kerja, anda dapat menambahkan sertifikat latihan atau kursus, misalnya sertifikat kursus bahasa inggris, sertifikat kursus bahas asing lain, ataupun sertifikat lainnya yang dapat menunjukkan skill yang anda miliki. Perusahaan tentu akan melihat lampiran tersebut sebagai pertimbangan terhadap permohonan kerja yang anda ajukan. Di atas merupakan tips-tips yang bisa anda pakai untuk menulis contoh surat lamaran kerja yang baik sehingga surat lamaran kerja anda akan lebih besar kemungkinannya dilihat dan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan. Karena banyaknya pencari kerja saat ini yang merupakan pesaing anda.