Beberapa Cara Membersihkan Garden Furniture

Pembersihan dan pemeliharaan berbagai jenis furnitur outdoor bisa bervariasi. Banyak orang lebih suka furnitur aluminium atau plastik, sementara yang lain masih menghargai kemewahan dan kenyamanan furnitur kayu. Apapun jenis bahan yang Anda pilih, penting untuk menjaga furnitur outdoor atau taman Anda tetap bersih, dan lindungi dari kondisi lingkungan yang keras. Jadi, berikut beberapa tip berguna untuk Anda.

Tips Membersihkan Garden Furniture

Pembersihan furnitur outdoor atau taman agak sulit, dibandingkan dengan furnitur dalam ruangan, hanya karena furnitur taman harus tahan terhadap lingkungan luar yang keras. Karena itu, lebih rentan terhadap kotoran, debu, dan noda.

Mebel Plastik

Furnitur patio plastik terbuat dari plastik resin, yang membuatnya lebih awet. Tapi beberapa finishing berpori bisa membuatnya agak rentan terhadap noda. Untuk membersihkan furnitur seperti itu, Anda bisa menggunakan larutan deterjen ringan. Gunakan spons untuk menerapkan solusinya dan bersihkan perabotannya. Sekarang, bilas deterjen dengan air bersih.

Meja payung dan tempat tidur gantung juga bisa dicuci dengan detergen pencuci piring dan air hangat. Setelah mencuci mereka, tempatkan di bawah sinar matahari dan biarkan mereka mengering sepenuhnya. Untuk menghilangkan lumut dari payung dan perabotan, Anda bisa mencampur sedikit pemutih dalam larutan deterjen. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan pemutih untuk membersihkan tempat tidur gantung, karena bisa melemahkan serat.

Mebel Aluminium

Furnitur aluminium umumnya hadir dalam dua bentuk – dicat dan tidak dilukis. Furnitur aluminium yang tidak dicat bisa kehilangan keharumannya selama bertahun-tahun karena oksidasi. Namun, jenis furnitur ini tahan terhadap karat. Untuk mengembalikan bekas kilau furnitur, Anda bisa menggunakan pasta pemoles logam. Bahan abrasif yang ada dalam pasta semacam itu akan membantu menghilangkan korosi yang disebabkan oleh oksidasi. Ingatlah untuk menghindari pembersih alkali seperti amonia untuk barang yang terbuat dari aluminium. Namun, cuka bisa digunakan untuk membersihkannya.

Furnitur aluminium yang dicat dapat dengan mudah dibersihkan dengan sabun ringan atau larutan deterjen. Sebelum membersihkan, selalu lepaskan bantal. Penting untuk menyeka bantal secara teratur dan menjaga agar tetap kering. Jika tidak, mildews bisa berkembang, yang bisa sangat sulit dilepas. Untuk membersihkan bantal, rendam dalam larutan deterjen dan air. Kemudian bilas mereka di air bersih, dan biarkan mereka kering di bawah sinar matahari. Larutan deterjen dan pemutih bekerja dengan baik untuk lumut. Namun, pemutih bisa merusak warna dan kain bantalan.

Mebel besi

Kerugian utama furnitur besi adalah karat dengan mudah. Tapi saat ini, Anda juga bisa menemukan furnitur besi tahan karat. Jika furnitur besi Anda tidak tahan karat, maka periksalah secara teratur. Jika Anda menemukan karat, maka segera pasirkan, dan oleskan cat tahan karat. Gunakan deterjen ringan dan gosok perlahan furnitur. Kemudian bilas dengan menggunakan selang kebun. Lilin pasta otomotif juga dapat diterapkan untuk memberikan penutup pelindung terhadap uap air, yang dapat membantu menghindari karat.

Mebel Kayu

Lebih baik menyimpan perabotan kayu di dalam selama musim dingin, kecuali kayu jati atau kayu cedar. Kayu jati sangat mahal, tapi bisa tahan terhadap kelembaban dan kondisi lingkungan yang keras. Gunakan deterjen ringan untuk membersihkan permukaan sesekali, tapi jangan gunakan pembersih abrasif pada kayu jati.

Lebih baik menyimpan perabot kayu bersih dari debu dan kotoran secara teratur. Sebelum menerapkan pembersih kayu apapun, pastikan bahwa itu sesuai untuk jenis kayu tertentu. Pertama, gunakan pembersih di area yang tidak mencolok, sebelum menggunakannya untuk membersihkan perabotan Anda. Kadang-kadang (satu atau dua kali setahun), perlakukan perabotan kayu Anda dengan minyak untuk mempertahankan penampilannya yang megah. Untuk mendapatkan Furniture Jepara dengan kualitas terbaik anda bisa berkunjung di Ukirjepara.com

Akhirnya, jangan lupa untuk merujuk pada panduan pabrikan tentang pembersihan dan perawatan, sebelum menerapkan apapun pada furnitur Anda, baik itu mebel kayu, perabotan besi, atau perabotan plastik atau aluminium.