Mengenal Lebih Dekat Mengenai Keindahan Alam Desa Sauwandarek Raja Ampat

Pianemo-1024x480

Satu lagi pesona salah satu desa berada di Kepulauan Raja Ampat, desa ini bernama Desa Sauwandarek yang berada di Papua Barat, tepatnya di Raja Ampat, distrik Meos Mansar. Keindahan alam Desa Sauwandarek Raja Ampat yang dapat dilihat dari pesona bawah lautnya dapat membuat wisatawan yang menyukai petualangan bawah laut tidak sabar unuk melakukan penyelaman. Ketika anda menyelami pesona bawah laut Desa Sauwandarek, maka ada bisa bertemu berbagai biota laut, seperti udang mantis, blue ring octopus, ikan mandarin, dan jenis-jenis ikan lainnya yang dapat menjadi teman anda ketika menyelam di bawah laut sekitar Desa Sauwandarek. Letak dari Desa Sauwandarek yang berada di Selat Dampier membuat penyelam bisa memilih beberapa titik penyelaman yang indah.

Selain keindahan alam Desa Sauwandarek, ada sisi menarik dari desa ini, yaitu suasan tradhisional dari desa ini terasa ketika para wisatawan melihat arsitektur rumah yang terbuat dari kayu dengan menggunakan atap jerami.  Ada juga sisi menarik lain dari desa ini, yaitu para perempuannya yang menghidupkan ekonomi kreatif di desanya dengan membuat kerajinan seperti tas dan topi yang terbuat dari pandan laut. Harga yang dijualpun cukup terjangkau dibawah 60 ribu, , tergantung dari besar dan kecilnya barang. Jika anda ingin membelikan oleh-oleh  atau cinderamata untuk kerabat atau teman di rumah, maka tidak ada salahnya menjadikan kerajinan dari Desa Sauwandarek Raja Ampat ini menjadi salah satu alternatif oleh-oleh anda.

Ada keindahan dari dekat Desa Sauwandarek Raja Ampat, didekat Desa Sauwandarek ada telaga yang masyarakat disana menyebutnya sebagai telaga Yenauwyau. Air dari telaga ini asin karena dulu ada gua yang menjadi penghubung antara Telaga Yenauwyau dengan laut disana.  Pada telaga ini ada pemandangan yang indah, ada satu dermaga yang dapat anda jadikan mepelas lelah setelah melakukan perjalanan dari desa menuju ketempat tersebut. Terkadang wisatawan juga dapat menemukan burung bernama Maleo Waigeo yang menjadi burung endemik diwilayah Sauwandarek  Kepulauan Raja AMpat.

Ketika anda ingin berkunjung ke Desa Sauwandarek Raja Ampat, maka anda bisa mecoba berangkat dari Sorong menuju ke Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Kemudian anda bisa menggunakan perahu untuk sampai ke Desa Sauwandarek. Perjalananan ke Desa Sauwandarek memerlukan waktu sekitar 7 sampai 8 jam. Ketika anda dan wisatawan yang lain telah sampai ke Desa Sauwandarek, maka semua lelah selama perjalanan bisa saja terobati dengan berbagai hal menarik yang bisa anda temui dan anda lihat di Desa Sauwandarek. Mulai dari keindahan alam bawah lautnya yang begitu mempeosa, kemudian hal menarik yang dilakukan oleh penduduk setempat mengenai pembuatan kerajinan dari pandan laut, dan hal-hal yang mungkin belum tentu bisa ditemukan ketika berada di perkotaan.