Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)

Turki – Merupakan sebuah Negara besar di Kawasan Eurasia. Dengan wilayahnya yang membentang Anatolia di Asia Barat daya dan daerah Balkan di Eropa tenggara. Turki juga berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara, Bulgaria  di sebelah barat laut Yunanai dan Laut Aegea di sebelah barat Georgia di timur laut, Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur Irak dan suriah di tenggara. Keindahan kota turki ini tidak bisa di pungkiri, karena memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik yang sayang untuk di lewatkan. Salah satunya tempat yang tidak pernah sepi oleh pengunjung yaitu Pamukkale tempat yang datang dari berbagai belahan dunia.

Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)
Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)

Tempat wisata yang berlokasi di turki ini yang satu ini adalah hasil dari fenomena alam dan banyak sekali pengunjung yang ingin menyaksikan secara langsung tempat yang indah ini. Kalau kamu liat sekilas, Pamukkale ini tampak seperti istana kapas karena semua berwarna putih, padahal Pamukkale tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih Traveler yang pernah datang ke Pamukkale mengatakan bahwa saat meginjaknya mereka seperti menginjak salju karena begitu lembut. Di Pamukkale, kamu bisa dengan mudah menemukan kolam-kolam air panas alami yang bisa kamu gunakan buat berendam. Nah salah satu kolam yang paling terkenal adalah kolam renang Hierapolis yang sering di jadikan kolam renang kesehatan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini.

Sejarah pamukkale turki 

Pamukkale, yang berarti “benteng kapas” dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam yang terletak di Provinsi Denizli di turki barat daya. Kota ini berisikan air panas dan travertine, mineral karbonat yang di tinggalkan oleh air yang mengalir. Ini terletak di wilayah Turki Aegea dalam di lembah Sungai Menderes, yang memiliki iklim sedang untuk sebagian tahun.

Yunani-Romawi kuno dan kota Bizantium dari Hierapolis dibangun di atas “benteng” putih yang secara keseluruhan panjangnya sekitar 2,700 meter (8,860 ft), lebar 600 m (1,970 ft) dan tinggi 160 m (525 ft). Hal ini dapat dilihat dari bukit-bukit di sisi berlawanan dari lembah di kota Denizli, 20 km jauhnya.

Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)
Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)

Pariwisata dan telah menjadi industri utama. Orang-orang mandi di kolam selama ribuan tahun. Seperti baru-baru ini pertengahan abad ke-20, hotel dibangun di atas reruntuhan Heropolis, menyebabkan kerusakan besar. Pendekatan jalan dibangun dari lembah ke teras, dan sepeda motor diizinkan untuk naik dan turun lereng. Ketika daerah itu dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia, hotel dihancurkan dan jalan di hilangkan dan diganti dengan kolam renang buatan. Mengenakan sepatu di dalam air.  Untuk Wisata Halal Turki – Mungkin anda juga sudah sering mandi tentunya di kolam renang atau  mandi di pemandian panas milik pribadi. Sahabat juga mungkin sering mengunjungi tempat pemandian air panas yang ada di Indonesia. Nah, jika sedang berada di Turki, sahabat wisata muslim harus mencoba sebuah tempat wisata dengan fasilitas pemandian air panas yang dijamin bisa membuat ketagihan ini. Pamukkale Springs, pemandian di Turki yang akan membuat seluruh tubuh Anda berkeringat.

Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti benteng kapas. Sesuai dengan namanya, sumber air panas ini memang tampak seperti tumpukan kapas berwarna putih. Warna putih tersebut berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium yang terkandung dalam air panas. Akibat kandungan dalam air panas yang selalu meningkat ini, lama-kelamaan lokasi keluarnya air panas ini membentuk lapisan kapur putih dan menyerupai air terjun beku.

Tempat Lokasi Pamukkale

Pamukkale, yang berjarak sekitar 19 kilometer dari utara Denzil, memiliki pemandangan alam yang mata airnya memiliki serat dari bumi. Pamukkale telah dijadikan air Spa sejak Romawi membangun air Spa suci hangat berupa Hierapolis pada saat musim semi. Kolam air Spa tersebut dipenuhi dengan banyak marmer yang diambil dari kuil Apollo, Roma.

Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)
Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)

Pamukkale merupakan taman nasional air terjun di kawasan Lereng Travertine dengan tebing setinggi 20 meter di sepanjang dataran bukit pegunungan Cokelez. Lembah air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas dataran Curuksu yang meluas 6 kilometer di sekitar desa Karahayit, Pamukalee. Kolam yang berada di lembah tersebut memiliki keunikan tersendiri, yaitu dengan meluas nya ke arah kompleks utara Alasheir, sekitar 70 kilometer persegi dan barat sepanjang lembah sungai Menderes. Aliran sungai ini memberikan saluran air panas ke desa-desa terdekat dan daerah pertanian selama beberapa tahun lamanya. Batuannya yang lama di daerah lereng tersebut menjadi kristal berupa kurasit dan sekis yang terletak di utara taman batu zaman pliosen.

Keindahan Eksotis nya Pamukkale

Secara keseluruhan, sumber air panas ini memiliki panjang 2.700 meter, lebar 600 meter, dan tinggi 160 meter. Sumber air panas ini memang cukup besar karena terbentuk dari 17 sumber air panas yang bergabung menjadi satu. Suhu  air di Pamukkale mencapai 35 derajat Celcius sampai 100 derajat Celcius.

Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)
Mengunjungi Tempat Paling Indah Pamukkale (Turki)

Daya tarik Pamukkale yang paling kuat adalah tebing putihnya yang terbentuk dari kandungan air  panas, yang kemudian membeku dan membentuk seperti air terjun beku. Kecantikan inilah yang sukses menjadikan Pamukkale sebagai tempat pemberhentian wajib para backpacker dan traveler.

Pamukkale menjadi pusat perhatian banyak orang setelah adanya cerita perjalanan seorang backpacker ke Turki. Dalam catatan tersebut, sang petualang tinggal sementara di hotel Pamukkale dan berjemur di atas kolam air mineral yang hangat. Pada tahun 1990 pemerintah kota tersebut melakukan pengembangan pada Pamukkale dan sekelilingnya. Pengembangan ini bertujuan memikat para pengunjung Air Spa lebih banyak.

Dengan uang sebesar 25 Lira (12 Euro), kita bisa berendam dan menikmati air panas setelah lelah seharian menempuh perjalanan. Di sana juga terdapat restoran dan toko suvenir, di mana wisatawan bisa menikmati makan siang dan membeli oleh-oleh khas Pamukkale.

Salah satu Objek Menarik untuk Rekreasi dan Terapi

Selain sebagai objek wisata, tempat ini juga dimanfaatkan pengunjung untuk terapi berbagai macam penyakit. Biasanya, pengunjung yang datang memanfaatkan air panas Pamukkale sebagai tempat spa dan terapi. Pengunjung percaya, berendam di kolam air panas mengalir yang kaya akan kandungan mineral bisa mengobati penyakit rematik, penyakit kulit, dan kelelahan saraf. Meski demikian, tak jarang pula yang datang hanya untuk berwisata dan berfoto ria bersama dengan kerabat anda.

Ada Jasa Transportasi dan akomodasi di seputar Pamukkale

Dari Bandara Sabiha Gocken, sahabat wisata muslim bisa naik jasa travel atau bus yang tersedia di bandara menuju Istanbul Atasher. Dari Istanbul Attasher, perjalanan dilanjutkan menuju Denizli Ottogar. Perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh, yaitu sekitar 8 jam untuk sampai di Denizli Otoghar dengan menggunakan bis. Dari Denizli menuju Pamukkale, pengunjung bisa menggunakan dolmus, ‘angkotnya’ turki, selama kurang lebih 30 menit.

Di kaki Lereng Travertines pada kota kecil itu terdapat banyak hotel, toko-toko, dan kantor untuk penjualan tiket masuk. Beberapa kilometer ke utara terdapat desa Krahayit yang dikelilingi hotel besar dan dipadati oleh banyak bus. Jika sahabat wisata muslim menggunakan mobil pribadi, terdapat banyak agen porter yang akan menanyakan keperluan kita terkait hotel, restoran, souvenir, dan sebagainya. Jika membutuhkan bantuan, mereka akan membawakan barang bawaan pengunjung dan melayani permintaan dengan meminta sedikit upah atas jasa nya.

Tempat ini salah satu  tempat yang sangat ramai di kunjungi ketika sedang berkunjung ke Turki. Jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi tempat ini. Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat ini anda bisa mengikuti Program Umroh Plus Turki.