6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Dengan Mudah

Metabolisme merupakan tingkat dimana tubuh anda memproses asupan makanan. Jika anda saat ini sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kecepatan metabolisme mungkin akan membantu anda menurunkan berat badan tanpa harus memotong asupan kalori. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh anda.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Mudah

Mengkonsumsi Protein Tanpa Lemak

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein tanpa lemak akan meningkatkan metabolisme anda karena dibutuhkan lebih banyak energi bagi tubuh untuk mencerna protein tersebut. Anda bisa memilih beberapa makanan seperti kalkun, ikan, telur, biji-bijian dan tahu. Keju cottage juga merupakan sumber yang kaya akan protein. Mengkonsumsi keju cottage terutama sebelum tidur merupakan strategi yang bagus untuk membuat metabolisme anda tetap bekerja sepanjang malam.

Mengkonsumsi Makanan Pedas

Saat anda mengkonsumsi makanan pedas, itu berarti anda memberikan kesempatan tubuh anda untuk meningkatkan metabolisme. Memakan makanan pedas efeknya memang sementara, namun anda bisa menambahkan sedikit rasa pedas ke dalam berbagai jenis makanan anda setiap harinya.

Tapi bagi anda yang tengah diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan pedas sepertinya bukan pilihan yang baik untuk anda, karena makanan pedas hanya meningkatkan metabolisme sebanyak 8% dan mengandung banyak kalori.

Minum Banyak Air

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan menambah asupan air minum, anda juga akan meningkatkan tingkat metabolisme anda sebanyak 40%. Peningkatan ini mungkin diakibatkan dari upaya tubuh anda untuk memanaskan air yang telah anda minum. Selain itu, meminum banyak air secara berkala juga dapat membuat tubuh anda terhindar dari dehidrasi.

Minum Kopi Berkafein

Kopi telah terbukti meningkatkan metabolisme karena terdapat kandungan kafein di dalamnya. Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa dengan meminum kopi dapat meningkatkan metabolisme secara signifikan baik terhadap orang yang memiliki berat badan normal maupun bagi mereka yang menderita obesitas.

Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kopi berkafein dapat juga menyebabkan kegelisahan, insomnia serta efek samping negatif lainnya.

Minum Teh Hijau

Menggabungkan teh hijau dalam diet dan latihan anda akan meningkatkan laju metabolisme anda. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan menggabungkan dua hal tersebut dapat memberikan hasil yang lebih luar biasa daripada mereka yang hanya mengandalkan latihan saja. Minumlah satu atau dua gelas teh hijau sebagai pelengkap diet dan latihan anda.

Hindari Diet Ketat

Diet sehat lebih baik daripada diet ketat, karena diet ketat dapat membatasi asupan kalori anda, dimana dapat memberikan efek negatif terhadap metabolisme anda. Mungkin saja anda mendapatkan hasil yang baik dari diet ketat anda, namun biasanya efek dari diet ketat akan menurunkan metabolisme anda dan bisa menyebabkan berat badan anda lebih bertambah setelahnya. Diet ketat juga bisa menyebabkan anda kekurangan nutrisi penting karena membatasi anda mengkonsumsi makanan yang beragam.