Bunga Hortensia

Bunga hortensia merupakan jenis bunga yang sebenarnya berasal dari Asia timur dan asia selatan, amerika utara dan amerika selatan. Sebagian besar spesiesnya berasal dari jepang dan juga tiongkok. Cirri khasnya dalah tinggi bunga ini sekitar 1 sampai 3 meter, tetapi ada juga yang merambat di tanaman lain di sekitarnya hingga ketinggiannya mencapai 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepinya beringgit, warna hijau muda berkilauan.

Hortensia biasa juga disebut sebagai bunga bokor. Sedangkan dalam bahasa melayu dikenal dengan nama tiga bulan.

Sistem perbungaan adalah majemuk berbentuk malai, keluar dari ujung tangkai, membentuk rangkaian yang membulat seperti sanggul, di daerah yang beriklim sejuk mekarnya di awal musim semi hingga akhir musim gugur. Pada sebagian jenisĀ  sepsis, malai terdiri dari dua jenis bunga, kelompok bunga yang fertile di tengah malai dan bunga-bunga steril yang berukuran ebih besar terangkai membentuk lingkaran. Ada juga beberapa spesies yang memiliki bunga yang semuanya fertile dan bentuknya juga sama.

Jenis bunga dan Negara asal :
hortensia anomala, biasanya terdapat di Himalaya dan tiongkok barat daya
hortensia arborescens, biasanya terdapat di bagian timur amerika utara
hortensia aspera biasanya terdapat di tiongkok dan Himalaya
hortensia bretschneideri berasal dari tiongkok
hortensia candida berasal dari tiongkok
hortensia caudatifolia berasal dari tiongkok
hortensia chinensis berasal dari tiongkok
Dan lain sebagainya

Bunga hortensia sendiri merupakan salah satu bunga yang disukai oleh masyarakat karena bunganya besar dan indah. Jenis bunga hortensia yang paling banyak ditanam adalah bunga hortensia jenis macrophyla karena memiliki bunga yang besar dan semuanya steril, Kontraktor Pembuatan Taman.

Tanaman bunga hortensia ini sebaiknya dipangkas setahun sekali ketika kuncupnya mulai terlihat. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi ketas kalau anda tidak memangkasnya. Jika tanaman anda sudah terlalu tinggi, tanaman dapat doyong dengan sendirinya dan akhirnya patah karena berat batang yang melebihi berat tanaman untuk menyangga kekuatan tanaman. Bunga hortensia hanya keluar pada batang yang lama sehingga bunga tidak akan keluar pada batang yang baru hasil dari pemangkasan anda.

Manfaat bunga hortensia :
Bunga hortensia bersifat sedikit beracun jika dimakan karena semua bagian tanaman mengandung glukosida siogenik, walaupun demikian jarang ada kasus keracunan karena tanaman ini tidak kelihatan enak juga dimakan. Daun akar tanaman ini juga kadangkala dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis bunga hortensia dan cara perawatannya, semoga dapat menambah informasi anda.