Pantai Parangtritis, Pantai yang Tidak Ada Matinya

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang menjadi ikon bagi pariwisata di Yogyakarta. Pantai ini tetap populer dari masa ke masa walaupun banyak pantai-pantai baru yang bermunculan di Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki jejeran pantai pasir putihnya. Banyak hal yang membuat pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini tetap popular antara lain: lokasinya yang dekat dengan pusat kota, fasilitas yang lengkap, banyaknya objek wisata yang berdekatan dengan pantai ini, tersedianya berbagai wahana permainan, dan tentu saja keindahan alam pantai ini yang tetap memukau. Kunjungi pantai parang tritis dengan memilih paket wisata Jogja murah yang di sediakan banyak vendor wisata.

Alasan pertama mengapa pantai ini tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan adalah karena lokasinya yang berdekatan dengan Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Jarak dari pusat kota menuju Pantai Parangtritis adalah sekitar 25 kilometer atau membutuhkan waktu 1 jam hingga 1,5 jam perjalanan mengunakan kendaraan bermotor. Ditambah lagi perjalanan menuju ke pantai ini tidak sejauh dan seberat ke pantai di Gunung Kidul yang harus melalui jalan yang berkelok-kelok dan naik turun untuk tiba di lokasi.

Alasan yang kedua adalah di sekitar Pantai Parangtritis terdapat banyak tempat wisata lainnya. Di kawasan pantai ini terdapat berbagai tempat wisata sebut saja Gumuk Pasir Parangkusumo yang terkenal dengan seluncur di atas bukit pasir, ada juga Pantai Parangkusumo yang biasa digunakan untuk kegiatan ritual kejawen saat malam-malam tertentu. Bagi yang menyukai wisata religi terdapat makan She Bela-Belu yang termasyur dan bagi para pengemar olahraga ekstrim bisa merasakan setunya kegiatan paralayang dan gantole di Bukit Parangndog yang berada di sisi timur pantai ini.

Alasan yang ketiga adalah keindahan pantai ini yang tidak pernah pudar. Suka atau tidak suka, pantai ini tetap mempesona bagi sebagian besar masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan masih ramainya wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pantai ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dikala matahari terbenam yang mana wisatwan dapat memandang cakrawala yang dihiasai oleh sinar mentari yang berwarna emas kemerahan. Demikianlah beberapa alasan mengapa Parangtritis tetap menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk berlibur.